Welcome to Satudunia.net ! Call us: +62-21-29475653 and send e-mail: info@satudunia.net

About Us

SatuDunia Indonesia berdiri atas prakarsa HIVOS, Yayasan Jaring dan Oneworld UK. SatuDunia resmi berdiri sebagai Yayasan pada tanggal 16 Desember 2006. Biaya pengelolaan serta pemeliharaan SatuDunia saat ini masih sepenuhnya didukung oleh lembaga donor. Untuk selanjutnya diharapkan juga ada dukungan langsung dari mitra/anggota SatuDunia dan dari hasil usaha tim SatuDunia sendiri.

SatuDunia/OneWorld Indonesia adalah sebuah lembaga nirlaba yang menangani informasi, komunikasi, pengetahuan dan teknologi, untuk organisasi masyarakat sipil di Indonesia. SatuDunia percaya bahwa kemampuan melakukan perubahan dimulai dari kemampuan lembaga dalam menangani dan memanfaatkan informasi, komunikasi, pengetahuan dan teknologi secara strategis, efektif dan efisien.

SatuDunia/OneWorld Indonesia merupakan bagian dari jaringan informasi global OneWorld Internasional, www.oneworld.net, yang terdiri lebih dari 2500 organisasi di 13 pusat regional dari Finland sampai India, Amerika sampai Zambia. Setiap pusat regional memiliki karakter dan fokus sendiri.

Kami memimpikan terciptanya masyarakat sipil Indonesia yang kuat sebagai bagian dari masyarakat sipil global yang mampu berpartisipasi dalam proses demokrasi, melalui pertukaran informasi dan pengetahuan dengan menggunakan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK).

Kami meyakini Masyarakat Sipil Indonesia yang kuat, adalah masyarakat sipil yang berpengetahuan. Masyarakat pencipta yang kreatif dalam menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa. Masyarakat Sipil yang mampu menciptakan solusi dan karya yang orisinal, menghormati hak azazi manusia, tidak diskriminatif, berpihak pada yang lemah, sesuai dengan budaya, pengetahuan dan ketrampilannya.

Kami meyakini bahwa Keadilan Informasi merupakan salah satu prasyarat bagi terciptanya masyarakat sipil yang berpengetahuan. Kami percaya akses informasi dan pengetahuan harus dibuka seluas-luasnya, dan ekpresi di ruang publik merupakan hak asasi yang dijamin UUD. Kami ingin masyarakat rentan dan marjinal memiliki akses, kesempatan berekspresi dan keterlibatan yang sama dengan kelompok masyarakat yang lebih mampu dan kuat. Dengan Keadilan Informasi, kami yakin, mereka akan mampu melakukan tindakan atas persoalan yang mempengaruhi kehidupan mereka.

Kami juga meyakini, sebagai bagian dari masyarakat sipil, organisasi masyarakat sipil (OMS), memiliki akumulasi pengetahuan yang harus menjadi bagian dari proses terciptanya masyarakat Indonesia yang berpengetahuan. Kami percaya OMS bukan saja harus mampu mencipta, tetapi juga mengelola pengetahuannya, serta membaginya secara terus menerus, untuk melahirkan inovasi dan terobosan baru. Kami sadar bahwa untuk merespon dinamika persoalan yang semakin kompleks dan perubahan yang cepat, sangat dibutuhkan cara dan tindakan baru (inovasi) yang dapat tercipta dari pertukaran informasi dan pengetahuan yang meluas dan terus menerus.

Kami percaya, bila kita ingin cara dan tindakan baru, maka kita butuh pola komunikasi dan interaksi baru. Apabila kita ingin pola komunikasi dan interaksi baru maka kita butuh cara pandang, strategi dan taktik baru. Kami memandang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK/ICT) hanya sebatas alat inovasi, tetapi dapat dimanfaatkan oleh OMS secara strategis, efektif dan efisien untuk mencapai tujuan dan memperluas dampak. Kami ingin OMS mampu menumbuh kembangkan kapasitas dan kemampuan organisasi dalam memanfaatkan informasi, komunikasi, pengetahuan dan teknologi dengan cara pandang, strategi dan taktik baru, tapi berkelanjutan.

Kami percaya pada nilai-nilai utama yang melandasi mimpi kami, tempat kami kembali, agar tidak hilang arah:

  • Keterbukaan dan Partisipatif
  • Keadilan dan Kesetaraan
  • Keberagaman
  • Kemandirian dan Independensi
  • Penghargaan terhadap Hak azazi manusia