Welcome to Satudunia.net ! Call us: +62-21-29475653 and send e-mail: info@satudunia.net

Belajar Menulis Cerita Perubahan Sambil Ngabuburit

Pada 19-20 Juni 2017, SatuDunia kembali mengelar pelatihan menulis cerita perubahan (most significant change). Pelatihan ini dilaksanakan bersamaan dengan bulan Ramadhan, walaupun puasa pelatihan ini berjalan dengan gembira. Acara ini diselenggarakan di Kantor SatuDunia, Tebet Jakarta Selatan.

Walaupun digelar pada bIMG_20170619_104546ulan bulan puasa dan mendekati cuti lebaran, pelatihan ini tetap semarak diikuti oleh peserta yang dari beragam latar belakang. Bahkan ada peserta yang sengaja datang dari Yogyakarta untuk mengikuti training ini. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini ada 8 orang yang terdiri dari organisasi Kehati, Kemitraan, lembaga Hijau yogyakarta, konsultan, jurnalis, serta mahasiswa S2.

Seperti biasa, pelatihan ini difasilitasi oleh Firdaus Cahyadi yang merupakan penulis kolom opini berbagai media massa sekaligus Direktur SatuDunia. Selain itu, Anwari Natari yang saat ini masih aktif menjadi pengajar wartawan Kompas Gramedia, serta pengajar bahasa untuk orang asing sekaligus Program Manager di SatuDunia.

Pada sesi awal peserta diajarkan mengenal dasar-dasar Knowledge management dan dasar-dasar penulisan. Menurut Ahfi dari Kehati a�? pelatihan ini mengigatkan saya mengenai SECI (socialisation, eksternalisation, colaboration dan intenalisation)a�?. Menurut Firdaus, pelatihan ini mengabungkan Knowledge management dengan teknik penulisan cerita, sehingga bisa digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi.

Pada sesi kedua, pelatihan difokuskan pada menulis cerita perubahan. Pada sesi ini banyak sharing dari peserta terkait dengan pengalamannya selama menjalani aktifitas kerja di organisasinya. Namun, kekurangannya adalah jarang ada cerita yang bagus juga ditulis dengan bagus juga.

Selanjutnya peserta akan terus berlatih menulis dan membiasakan menulis, agar keterampilan menulisnya bisa terus diasah, meskipun tantangannya tidak ada waktu khusus untuk dapat menulis secara baik.

Bila kawan-kawan yang belum sempat mengikuti pelatihan ini bisa mengikuti program in house training Menulis Cerita Perubahan. In house training tentu memiliki banyak kelebihan dibanding bila staf lembaga pergi ke sebuah kelas yang dihadiri sejumlah lembaga lainnya. In house training, antara lain, membuat materi kelas lebih fokus dan mendekati kebutuhan lembaga. Contoh-contoh pada materi ajar akan banyak diambil dari kasus-kasus penulisan pada lembaga yang menggelar in house training. Dan yang paling penting dalam in house training ini, tempat dan waktu ditentukan oleh lembaga yang bersangkutan.

 

Bila organisasi/lembaga anda tertarik mengadakan in house training penulisan dapat menghubungi Sdr. Misan di 021-83705520 atau Ponsel/WA: 0899 680 7793. email : misan@satudunia.demoapps.web.id

 

Info terkait in house training menulis cerita perubahan dapat dilihak di link ini https://satuduniablog.wordpress.com/2017/05/22/in-house-training-menulis-cerita-perubahan/