Berenang Bareng ODHA Bisa Tertular AIDS?

Penulis: 
Dwi Aris Subakti

Menurut berbagai literatur dan penemuan ahli, HIV/AIDS hanya menular melalui media berupa darah, cairan sperma dan cairan vagina. Jadi salah jika ada mitos yang menyebutkan air menjadi media dalam penularan HIV/AIDS. Penularan HIV ke dalam tubuh dapat melalui aliran darah, melalui luka, pembuluh darah mauopun melalui membran mukosa (selaput lendir).

Beberapa kegiatan yang beresiko menularkan HIV/AIDS diantaranya adalah melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman dengan orang yang telah terinfeksi HIV/AIDS. Selain itu penggunaan jarum yang dapat menimbulkan luka yang tidak disterilkan bersama-sama dan sebelumnya telah dipakai oleh orang yang terinfeksi HIV/AIDS. Penyakit ini juga bisa menular melalui transfusi darah yang tercemar HIV/AIDS. Penularannya juga bisa terjadi dari ibu yang hamil kepada anaknya.

HIV tidak dapat menular lewat kontak sosial seperti berenang bersama dengan penderita HIV/AIDS. Hal tersebut karena air bukan media yang bisa dimanfaatkan oleh virus untuk berkembang dan menular ke orang lain. Resiko penularan HIV/AIDS ketika berenang bersama dengan penderita HIV/AIDS juga kecil. Namun yang patut diwaspadai adalah berhati-hati dengan luka yang kita derita karena virus HIV/AIDS bisa masuk ke tubuh melalui luka. Jadi, asalkan kondisi tubuh kita baik-baik saja dan tidak ada luka, berenang bersama dengan penderita HIV/AIDS tidak akan menularkan HIV/AIDS.

KABAR TERBARU

12.06.2014

Jakarta- Bertempat di Media Center KPU Jakarta, 6 Juni 2014, SatuDunia meluncurkan ulang www.pemilubersih.org, media...

PUBLIKASI

14.11.2013

Bagaimana menjembatani pengetahuan kepada masyarakat yang tampaknya tidak tersentuh ICT (teknologi informasi dan komunikasi)?