Diskusi Inovasi Masyarakat Sipil Pada Masa Pandemi

SatuDunia bersama KM4NGO menggelar diskusi inovasi masyarakat sipil pada masa pandemi. Narasumber diskusi ini  adalah Firdaus Cahyadi Direktu SatuDunia dan Ikbal Maulana peneliti LIPI sekaligus penasihat SatuDunia. Diskusi ini dilakukan secara online dan menggunakan platform simpulmadani.com pada Kamis, 5 November 2020.

Pada masa pandemi Covid-19, semua organisasi, baik profit maupun non profit,  dihadapkan dengan tantangan yang besar untuk tetap bisa menjalankan roda organisasinya. Bagi organisasi yang besar dan memiliki stategi bisnis yang fleksibel, perubahan bisa dilakukan dengan bantuan tenaga dan financial yang cukup, tapi tidak semua organisasi memiliki fasilitas seperti itu.

Menurut Firdaus Cahyadi, munculnya inovasi yang bisa kita rasakan adalah perubahan pola komunikasi yang biasanya tatap muka kini diskusi dengan aplikasi online, muncul juga training-training online dan lain sebagainya.

Ikbal maulana, menyatakan ada beberapa rantai inovasi yang  menyebabkan munculnya inovasi pada masyarakat sipil antara lain: Identifikasi Masalah,Eksplorasi Gagasan, Ubah Gagasan Jadi Solusi, Eksekusi Solusi, Keberlanjutan.

Diskusi ini diadakan oleh KM4NGO yang terdiri dari Penabulu, SatuDunia, Pirac, dan Sinergantara. Saat ini KM4NGO menjalankan penguatan masyarakat sipil melalui website simpulmadani.com. Website ini memungkinkan NGO bisa melakukan pengukuran kapasitas organisasinya, dapat belajar dengan learning material juga dapat berdiskusi mengenai tema dalam platform ini.

Materi bisa diunduh di sini.

https://drive.google.com/file/d/1drJlg_Rv0sOHpummEpwOe3HjKCM7G-2i/view?usp=sharing