Welcome to Satudunia.net ! Call us: +62-21-29475653 and send e-mail: info@satudunia.net

Diskusi Terfokus Membangun Fundraising NGOs

SatuDunia menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk membangun strategi pendaan secara mandiri. FGD ini diadakan di ruang belajar SatuDunia pada 6 Juli 2015, dihadiri oleh Donor, Board, Pengurus, serta mitra SatuDunia.

Sebagian besfoto 1ar organisasi masyarakat sipil (OMS) di Indonesia bergantung pada lembaga donor sebagai sumber pendanaan dalam menjalankan organisasi dan program mereka. Saat ini terdapat berbagai kompetisi yang disediakan oleh lembaga donor yang harus diperebutkan oleh banyak organisasi masyarakat sipil (OMS) di Indonesia. Keberlangsungan organisasi sangat ditentukan oleh seberapa kreatif OMS tersebut dapat bersaing dalam mengumpulkan dana dan menemukan cara lain dalam menghasilkan uang.

SatuDunia sebagai OMS yang menangani informasi, komunikasi, pengetahuan dan teknologi, untuk organisasi masyarakat sipil di Indonesia tidak terlepas dari masalah fundraising. Sejauh ini, SatuDunia/OneWorld Indonesia menerima pendanaan dari beberapa donor nasional dan internasional, seperti Hivos dan Kemitraan.

Saat ini, SatuDunia/OneWorld Indonesia sedang melangkah menjadi LSM yang lebih mandiri dengan pendanaan tidak hanya bersumber dari donor. Untuk selanjutnya diharapkan ada dukungan langsung dari mitra/anggota SatuDunia dan dari hasil usaha tim SatuDunia sendiri.

Oleh karena itu, perlu diupayakan penyusunan strategi fundraising yang membuat SatuDunia lebih mandiri, berkelanjutan, kuat dan memiliki sarana-prasarana yang diperlukan untuk mencapai suatu lembaga yang otonom dalam bergerak.

Strategi fundraising yang diusulkan berdasarkan temuan, hasil riset dan sinkronisasi dengan rencana jangka panjang SatuDunia yang tentu saja mempertimbangkan visi-misi dan tujuan SatuDunia. Penyusunan strategi fundraising dimulai dengan melakukan evaluasi terhadap proses fundraising di masa lalu dan posisi SatuDunia saat ini serta melakukan analisis lingkungan politik dan ekonomi di mana SatuDunia berada.

 

shop