Welcome to Satudunia.net ! Call us: +62-21-29475653 and send e-mail: info@satudunia.net

In House Training Analisis Media untuk FKPPI Pusat

Pada 24-25 JanuWhatsApp Image 2018-01-24 at 11.42.19ari 2018, Satudunia diminta Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI POLRI (FKKPI) untuk meningkatkan keterampilan dalam analisis media pengurusnya. Pelatihan ini digelar di Sekretariat FKPPI Kebon Sirih Jakarta, selama 2 hari dari 24-25 Januari 2018.

Pelatihan Discourse Network Analysis (DNA) ini disampaikan oleh team Satudunia yang terdiri dari Purnama Alamsyah (Peneliti Lipi), Firdaus Cahyadi, Anwari dan Misan. Tidak seperti biasanya, ada permintaan khusus materi tentang Hoax yang saat ini marak. FKPPI mengaangap isu Hoax menarik karena berbahaya.

Menurut Firdaus, Hoax adalah berita bohong yang disebarkan secara sengaja. Lebih lanjut, Hoax cepat tersebar karena krisis kepercayaan terhadap media arus utama serta kurangnya sikap kritis masyarakat terhadap informasi yang tersebar di media online. Ada beberapa model berita Hoax antara lain, judulnya heboh tapi isinya berbeda, beritanya benar tapi konteknya tidak sesuai, selanjutnya fotonya berbeda dengan beritanya dan cenderung menyesatkan.

Selanjutnya menurut Firdaus, bahwa Hoax bisa dikerjakan karena iseng, tapi juga ada pihak yang niat dan profesional. Terlebih lagi jika terjadi perang isu atau wacana di media mainstream. Padahal menurut Firdaus, media di Indonesia hanya dimiliki 9 orang. Jadi sangat mungkin terjadi perang kepentingan diantara pemilik media di Indonesia, dan hoax sebagai salah satu alatnya.

Purnama Alamsyah peneliti dari Lipi yang juga pemateri training ini mengatakan, sangat berbahaya jika tokoh yang justru menjadi penyebar Hoax. Karena orang lain akan melihat Hoax tersebut menjadi sebuah kebenaran.

Pada hari ke-2 pelatihan ini, adalah lebih kepada simulasi dan praktek menggunakan tools DNA untuk memetakan wacana. Semua peserta menggunakan tools DNA dan berlatih dengan bahan dari berita online.

Bagi organisasi yang ingin mengagendakan training DNA, silahkan hubungi SatuDunia melalui email, misan@satudunia.demoapps.web.id. atau viaA�Ponsel/WA: 0899 680 7793

shop