Welcome to Satudunia.net ! Call us: +62-21-29475653 and send e-mail: info@satudunia.net

Training Menulis Untuk Menjadi Aktivis yang Produktif

Training Menulis 2Satudunia mengadakan training penulisan pada 26 Agustus 2015 di ruang belajar SatuDunia. Menurut Firdaus, Direktur SatuDunia training penulisan untuk aktivis ini dimaksudkan untuk membekali para aktivis yang sering ke lapangan untuk menuliskan laporan dan kejadian lapangan dengan baik. Training ini diadakan selama 2 hari dengan narasumber Firdaus Cahyadi (penulis opini media nasional) dan Anwari (pengajar bahasa Kompas Gramedia).

Training ini diikuti oleh 15 orang peserta yang terdiri dari aktivis NGO, lembaga pelatihan kepemerintahan serta lembaga internasional. Peserta training ini memiliki latar belakang isu yang berbeda dan pengalaman menulis yang berbeda pula. Seorang peserta yang mengikuti training ini mengaku pernah membuat buku, namun ia masih ingin belajar dan memperbaiki teknik penulisannya agar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).

Pada sesi awal peserta diajak untuk mengasah ide supaya mempermudah dalam memulai menulis. Karena memulai menulis merupakan awal dari masalah orang untuk menulis. Ide menulis bisa datang dari mana saja baik pengalaman pribadi, maupun pengalaman dari orang lain.

Menurut Firdaus, motivasi orang menulis bisa diawali dengan kegelisahan orang terhadap kejadian yang dianggap janggal dan tidak sesuai dengan isi hati penulis. Emosi bisa menjadi awal dorongan orang untuk menulis.

Selanjutnya Peserta diajak untuk praktik menulis narasi, eksposisi dan deskripsi. Selanjutnya peserta juga ajak untuk belajar mengenai penulisan populer yang menarik dan tidak membosankan bagi pembaca. Peserta juga diajarkan untuk menulis di media massa dan koran.

Rencananya pelatihan menulis ini akan diadakan kembali pada bulan September 2015 untuk mengakomodir peserta yang tidak dapat kuota pada bulan Agustus ini. Menurut Firdaus, animo rekan-rekan aktivis untuk belajar menulis cukup tinggi, hal ini ditandakan oleh banyaknya calon peserta yang sudah daftar untuk pelatihan bulan Agustus ini.

shop