Welcome to Satudunia.net ! Call us: +62-21-29475653 and send e-mail: info@satudunia.net

Kuisioner Online Perdagangan Bebas ASEAN, Hak Publik atas Informasi Disingkirkan?

sumber gambar:http://www.goriau.com/berita/ekonomi/pasar-bebas-asean-2015-ancaman-terbesar-bagi-pelaku-usaha-di-riau.html
sumber gambar:http://www.goriau.com/berita/ekonomi/pasar-bebas-asean-2015-ancaman-terbesar-bagi-pelaku-usaha-di-riau.html

Update hasil kuisioner online per 5 Mei 2015, “Kuisioner Keterbukaan informasi dan Keterlibatan Publik dalam Perjanjian MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)” begitu mengejutkan.

Bagaimana tidak, menjelang pemberlakuan perdagangan bebas ASEAN atau sering disamarkan dengan istilah Masyarakat Ekonomi ASEAN, ternyata 81,3% responden tidak mengetahui kapan sebenarnya perjanjian perdagangan bebas ASEAN itu ditandatangani pemerintah.

Bukan hanya itu, 93,8 % responden juga tidak mengetahui komoditas barang dan jasa apa yang masih dilindungi dan dibuka ke pasar bebas ketika MEA diberlakukan. Dan yang lebih mengerikan lagi 100% responden merasa tidak pernah dimintai pendapat mengenai MEA.

Melihat hasil sementara dari kuisioner itu, publik sebagai warga negara pembayar pajak, seperti dianggap tidak pernah ada oleh para pengambil kebijakan di negeri ini dalam pengambilan keputusan tentang pemberlakuan perdagangan bebas ASEAN.

Bagaimana menurut anda?

Jika anda ingin berpartisipasi dalam kuisioner silahkan klik diA�Kuisioner Keterbukaan informasi dan Keterlibatan Publik dalam Perjanjian MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

 

shop