Welcome to Satudunia.net ! Call us: +62-21-29475653 and send e-mail: info@satudunia.net

Media visit UU ITE ke Kompas.com

SatuDunia bersama koalisi SIKKA antara lain, ICT Watch, SafeNet, LBH Pers, AJI melakukan media visit ke kompas.com pada 29 Desember 2015 di kantor Kompas Gramedia Jakarta. Tujuan dari media visit ini adalah sebagai rangkaian dari kampanye revisi UU ITE untuk mendukung DPR merevisi pasal 27 ayat 3 tentang pencemaran nama baik.

Koalisi SIKKA diterima oleh Redaktur Pelaksana Kompas.com Tri WahIMG_20151229_144758ono beserta editor Kompas.com Wicak Hidayat dan Sabrina. Selama ini Kompas.com juga mencermati proses berjalannya UU ITE sejak diundang-undangkan pada tahun 2008 hingga sekarang. Namun, tidak secara dalam mengetahui UU ini.

Anwari dari SatuDunia, menambahkan bahwa, koalisi SIKKA ini adalah gabungan dari Organisasi Masyarakat Sipil yang terus mengawal revisi UU ITE ini. Karena SIKKA melihat bahwa sudah banyak korban dari UU ITE ini yang jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, UU ITE ini juga akan mengancam para narasumber berita, sehingga media menjadi sulit untuk mendapatkan berita yang berimbang.

Dalam kesempatan kali ini baik Safenet, AJI, LBH Pers, ICT Watch melakukan updating mengenai perkembangan UU ITE ini, dari mulai perkembangan kebijakannya, sampai pada kasusnya, khususnya mengenai jumlah korban yang tercatat sampai saat ini.

Tri Wahono mengatakan bahwa kompas.com juga memiliki perhatian pada isu-isu masyarakat sipil. Seperti kerjasama yang telah dilakukan oleh kompas.com dengan komunitas ODHA (orang yang hidup dengan AIDS), pada waktu itu adalah membantu kampanye tentang ODHA yang sehat. Kerjasama itu sesuai dengan momentum hari AIDS sedunia.

Kedepan Kompas.com mengharapkan agar bisa dibangun kerjasama antara kompas.com dengan koalisi SIKKA untuk mendorong revisi UU ITE ini menjadi perhatian masyarakat dan menambah pengetahuan bagi semua akan bahaya UU ini.

shop