Pelatihan Advokasi Kasus dan Media untuk Aktivis Organisasi Non Profit

Sudah sering muncul dalam sebuah pemberitaan mengenai petani yang tanahnya digusur atas nama pembangunan. Tak jarang pula muncul pemberitaan mengenai nelayan yang terusir dari sumber-sumber kehidupannya karena lautnya diurug (direklamasi) untuk pembangunan kawasan komersial baru dan pemukiman mewah segelintir orang. Kita pun sering mendengar masyarakat yang dirugikan karena alamnya telah rusak. Aktivis organisasi masyarakat sipil sering kali melakukan advokasi terhadap kasus-kasus yang terjadi di masyarakat tersebut.

Advokasi adalah sebuah kata yang tak asing lagi bagi organisasi masyarakat sipil. Advokasi sering dilakukan oleh organisasi masyarakat sipil, baik itu advokasi kebijakan maupun advokasi kasus. Bila advokasi kebijakan bertujuan untuk merubah sebuah kebijakan maka advokasi kasus bertujuan untuk merubah status, baik status hukum maupun sosial, dari korban yang terkena sebuah kasus yang merugikan kepentingannya.

Advokasi kasus ini menjadi penting di organisasi masyarakat sipil, karena seringkali posisi rakyat sebagai korban begitu lemah dalam sebuah kasus yang dihadapinya. Terkait dengan itulah diperlukan kompetensi yang memadai dari aktivis organisasi masyarakat sipil untuk melakukan advokasi kasus ini. SatuDunia, sebagai organisasi yang memiliki mandat untuk memeperkuat masyarakat sipil di bidang informasi, komunikasi, pengetahuan dan teknologi merasa terpanggil untuk ikut memperkuat kapasitas aktivis organisasi masyarakat sipil dalam melakukan advokasi kasus. Terkait dengan itulah SatuDunia menggelar workshop Advokasi Kasus untuk aktivis Organisasi Non-Profit.

Waktu dan Tempat

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:
Hari/tanggal : Selasa-Rabu, 6-7 Februari 2018
Jam : 10.00-16.00 Wib
Tempat : Co-Working SatuDunia-Media Link, Jl. Tebet Timur Dalam 8V No.21, Tebet Jakarta Selatan

Kontribusi Peserta

Setiap peserta yang mengikuti workshop ini dikenakan biaya Rp.750.000 (Tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) sebagai biaya pengganti makan siang, materi, dan sertifikat.
Pembayaran dapat ditransfer pada rekening:
Bank : CIMB Niaga
No : 025 01 24508 006
Nama : yayasan satudunia
Cab : Prof Dr. Soepomo

Materi Workshop

A. Advokasi Kasus
a. Dasar-dasar Advokasi Kasus
b. Perencanaan Advokasi Kasus
c. Monitoring dan Evaluasi Advokasi Kasus
B. Advokasi Media
a. Perencanaan Advokasi Media
b. Advokasi Media : Menulis Press Release dan Opini di Media
c. Public Speaking: Berbicara di depan Media

Pemateri

1. Tandiono Bawor, SH., Direktur LBH Semarang (2005-2008), mantan Koordinator Divisi Program Pembaharuan Hukum Rakyat Perkumpulan HuMa
2. Firdaus Cahyadi, Direktur Yayasan SatuDunia, Blogger dan Penulis Opini di Media Massa
3. Anwari Natari, Program Manager SatuDunia, Pengajar Bahasa Wartawan Group KOMPAS-Gramedia

Konfirmasi

Konfirmasi pendaftaran bisa menghubungi Sdr.