Pelatihan Menggunakan Portal datatalk.asia

Pada Kamis (15/10) SatuDunia melakukan pelatihan penggunaan website untuk admin atau pengelolaa website. Pelatihan ini diikuti oleh staff PPMN. Dari SatuDunia pelatihan ini difasilitiasi oleh Adi Sumaryadi staff IT dari SatuDunia.

Datatalk.asia adalah Portal yang menyajikan informasi pelanggaran pemilu. DataTalk.asia dibuat dan dikelola oleh PPMN bekerja sama dengan Perludem (Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi) melalui Program RESPECT (The Asia-Pacific Regional Support for Elections and Political Transitions).

Tujuan utama pembuatan portal data ini ialah untuk menyajikan data seputar pelanggaran pemilu di Indonesia yang dilengkapi dengan visualisasi datanya. Berikutnya, dataset dan visualisasi ini diharapkan dapat menjadi bahan utama pembuatan artikel analisis, opini, atau learning terkait data pelanggaran pemilu tersebut.

Sasaran utama pengguna portal data ini ialah kalangan jurnalis yang diharapkan dapat menyebarluaskan dataset yang diolahnya menjadi artikel ke khalayak yang lebih luas. Tentu saja portal data ini juga terbuka untuk dimanfaatkan oleh kalangan di luar jurnalis, seperti aktivis isu pemilu, akademisi, atau pihak terkait lainnya.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, staff PPMN bisa menggunakan website ini baik dari segi konten narasi atau artikel maupun konten yang berupa grafik dan gambar.