Welcome to Satudunia.net ! Call us: +62-21-29475653 and send e-mail: info@satudunia.net

Pelatihan Menulis untuk Aktivis 2016

SatuDunia mengadakan kembali seri peningkatan kapasitas untuk organisasi masyarakat sipil (OMS) di ruang belajar SatuDunia pada 16-17 Februari 2016. Workshop menulis merupakan acara training perdana yang diadakan SatuDunia 2016. Training ini diikuti oleh 5 orang peserta dari ACT, Dompet Dhuafa, Ganeca Environtment Service, Infid serta Transformasi Hijau.

Sebagaimana dikatakan Firdaus, yang merupakan SatuDunia, training penulisan merupakan bentuk konkrit dari solusi untuk menjembatani kesulitan para aktivis untuk menulis. Sebagaimana diketahui bahwa aktivis memiliki banyak sekali pengetahuan dan kegelisahan dalam kegiatannya. Padahal dengan menulis, aktivis bisa mengajak masyarakat yang lebih luas untuk mengetahui isu dan concern yang kita lakukan.

Secara umum, peserta memiliki berbagai motif untuk menulis. Sebagaimana dikatakan oleh Bayu dari Ganeca Environtment Service, bahwa salah satu tujuan dia mengikuti training ini antara lain untuk meningkatkan kemampuan menulis, terutama dalam penulisan laporan program, ia ingin membuat laporan program dengan cara penulisan yang baik.

Lain hanya dengan Hendra dari Transformasi Hijau, organisasinya memiliki banyak relawan, sehingga tujuan dia mengikuti training penulisan agar tulisannya di social media dan website menjadi lebih baik.

Sebagaimana dilakukan sebelumnya, training ini difasilitasi oleh Firdaus Cahyadi dan Anwari natari yang merupakan pengajar bahasa di Kompas. Berbeda dengan training sebelumnya, training ini memiliki komposisi 50 teori dan 50 praktik. Karena pesertanya terbatas, maka waktunya bisa dimaksimalkan untuk melakukan couching tulisan dari masing-masing peserta. Walaupun demikian sebagian peserta merasa waktu pelatihan ini singkat sekali. Sehingga diusulkan untuk membuat pelatihan menulis tingkat lanjut.

Kedepannya SatuDunia akan mengembangkan terus seri training penulisan untuk aktivis. Agar para aktivis memiliki kecakapan yang cukup dalam memberikan informasi yang lebih luas kepada masyarakat mengenai kegiatan atau kegelisahan yang terjadi di sekitar mereka.

shop