Pelatihan Penulisan Notulensi Proses untuk Pendamping Pelatih BDLHK Makassar

SatuDunia memfasilitasi peningkatan kapasitas untuk staff Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Makassar pada 15-17 Oktober di ruang diklat BDLHK. Pelatihan ini diikuti dua puluh orang  pendamping pelatihan baik di balai diklat mauapun pendamping di Hutan diklat Tabo-Tabo.

Pada pelatihan ini, SatuDunia yang concern pada peningkatan kapasitas bekerjasama dengan Forest and Climate Change Programme (FORCLIME) didanai oleh GIZ. Kerjasama pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas dalam perekaman proses notulensi dalam pelatihan. Proses perekaman pelatihan selama ini dikerjakan oleh para pendamping pelatihan yang juga staff dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (KLHK).

Pemateri dalam pelatihan ini adalah Kuswoyo yang berpengalaman dalam notulensi pada NGO dan pemerintahan. ‘’Sebelum menulis notulensi, kita harus tahu apa tujuan perekaman yang diharapkan. Sehingga, metode notulensi  bisa tepat digunakan’’ ujar Kuswoyo. Risna salah satu peserta training menyatakan ‘’ model notulensi yang sering digunakan adalah notulensi pointer’’. ‘’ Dengan adanya pelatihan ini maka diharapkan notulensi selanjutnya bisa lebih baik’’, sambung Risna.

Selain materi notulensi, ada materi tentang jurnalistik dasar dan kalimat efektif. Tujuannya agar para notulen bisa menulis dengan mudah dan pembacanya juga mudah mengerti apa yang ditulis para notulen ini. Pengabungan materi notulensi dan jurnalistik dasar ini harusnya menjadi satu pelatihan yang tidak terpisahkan.

Metode yang digunakan dalam training kali ini adalah menggunakan pendekatan audio, video dan aplikasi. Audio video digunakan sebagai bahan latihan peserta untuk mendengar, menyimak dan menangkap pesan yang disampaikan dalam video yang berdurasi lima menit. Audio video ini bisa membuat peserta fokus dan menyenangkan karena terbawa suasana yang santai.

Hasil evaluasi dari training ini, peserta mengaku senang dan dapat kesempatan mengikuti training lagi dengan waktu yang lebih panjang.