SatuDunia Fasilitasi Training Menulis Storytelling Mitra Strategis HIVOS

Pada 19-21 Agustus 2019, SatuDunia memfasilitasi mitra-mitra strategis HIVOS untuk training menulis storytelling di Hotel Goodrich, Jakarta Selatan. Pelatihan ini diikuti oleh 16 peserta dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, IESR Jakarta, Koalisi Perempuan Indonesia, NTFP Bogor, Tanoker Jember, Pattiro Semarang, Indonesia Corruption Watch (ICW), Somasi NTB, HIVOS dan IDEA Yogyakarta.

Pelatihan ini digelar untuk membekali mitra-mitra yang sedang menjalankan program bersama HIVOS untuk menulis storytelling. Menurut Nanda salah seorang Program Manager untuk isu Open Contracting’’ pelatihan ini untuk membekali peserta menulis cerita yang menarik dilapangan, karena biasaya banyak cerita yang ada dilapangan tidak ada cerita yang ditulis, padahal banyak cerita menarik yang bisa menjadi inspirasi’’.

Materi training ini dibuat sesuai dengan kebutuhan program HIVOS, praktik menulis ini juga didampingi oleh fasilitator. Selain itu, peserta juga dibekali dengan materi visual agar dapat melengkapi tulisannya dengan gambar atau infografis untuk menampilkan data-data lapangan.

Narasumber pada pelatihan ini antara lain Firdaus Cahyadi, Anwari dan Misan. ‘’Banyak pengalaman dan cerita yang menarik yang keluar dari pelatihan ini, tapi belum dituliskan’’, ujar Firdaus, Direktur SatuDunia.

Harapan dari pelatihan ini sebagaimana disampaikan oleh Nanda adalah adanya satu tulisan dari masing-masing organisasi. Tulisan ini nantinya akan diupload dalam website HIVOS setelah proses editing oleh team komunikasi HIVOS.

Setelah training ini, SatuDunia masih akan mendampingi secara online peserta yang masih ada kesulitan mengembangkan tulisannya.

Bagi organisasi atau lembaga yang ingin inhouse training bisa menghubungi Sdr. Misan di email: misan@satudunia.net, atau telepon di 0899 680773.