SatuDunia Gelar In House Training Menulis untuk Mitra CIFOR

CIFOR (Center for International Forestry Research) adalah lembaga nirlaba bersifat global yang berdedikasi untuk memajukan kesejahteraan umat manusia, pelestarian dan keadilan lingkungan. Adalah sebuah kebanggan bila kemudian Yayasan SatuDunia diberikan kepercayaan memfasilitasi training penulisan di organisasi itu.

Pada 7-11 Agustus 2017, SatuDunia dipercaya untuk memfasilitasi lokatulis mitra CIFOR dalam isu Daerah Aliran Sungai (DAS) di Bogor. Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang mitra dari Kendari, Bantaeng, Pontianak, Sumbawa dan staff CIFOR Bogor. Salah satu hasil dari pelatihan ini, diharapkan para mitra CIFOR dapat menulis info brief sesuai dengan kaidah bahasa dan kaidah penulisan yang baik.

Pemateri dari pelatihan ini antara lain adalah Firdaus Cahyadi, merupakan blogger dan penulis opini di berbagai media nasional. Pemateri kedua adalah Anwari Natari yang merupakan pengajar bahasa untuk wartawan dan juga pengajar bahasa diberbagai universitas di Jakarta.

Banyak sekali cerita menarik dari lapangan yang dikemukakan oleh peserta pelatihan. Pengalaman peserta dalam kegiatan konservasi DAS sangat beragam. Ada peserta yang menceritakan tentang kaitan antara pelestarian DAS dengan konservasi beberapa jenis tanaman di daerah Kalimantan. Tanaman yang tumbuh di sepanjang aliran sungai itu memiliki potensi ekonomi yang besar.

Ada lagi peserta yang menuliskan cerita mengenai kearifan lokal masyarakat adat dalam mengelola DAS. Cerita-cerita yang diturunkan oleh leluhur masyarakat adat ternyata memiliki arti bagi konservasi DAS di Sulawesi.

Ada juga peserta yang mengungkapkan kolaborasi antara masyarakat di sekitar hutan dan pengelola taman nasional untuk menggerakan ekonomi lokal. Madu hutan adalah salah satu contoh komoditi yang dapat dikembangkan dari hasil kerjasama itu.

Banyak sekali cerita-cerita lapangan dari para penggiat DAS di lapangan. Sayang, bila kemudian cerita-cerita itu tidak didokumentasikan. Menulis adalah salah satu upaya untuk mendokumentasikan cerita-cerita itu. Terkait dengan itulah SatuDunia diminta untuk menjadi fasilitator pelatihan menulis untuk mitra-mitra CIFOR.

Bila organisasi/lembaga anda tertarik mengadakan in house training penulisan dapat menghubungi Sdr. Misan di 021-83705520 atau Ponsel/WA: 0899 680 7793. email : misan@satudunia.net