SatuDunia Gelar Training Membuat Storytelling dengan Data

Pada 23-24 April 2019, SatuDunia kembali mengadakan training menulis storytelling dengan data. Training ini diadakan di ruang belajar SatuDunia, dengan fasilitator Purnama Alamsyah dari LIPI dan Anwari dari SatuDunia.

Peserta dari training ini dari Indonesia for Global Justice (IGJ) dan Satu Lentera Indonesia dari Jakarta. Masing- masing berlatar belakang staf peneliti dan monitoring dan evaluasi, yang kesehariannya mengelola data untuk kepentingan advokasi dan kampanye di organisasinya.

Menurut Moren dari Satu Lentera, narasi datanya pernah ditolak oleh organisasinya karena dianggap provokatif, padahal argumen yang digunakan berdasarkan dari data yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan.

Menurut Anwari dari SatuDunia, sebenarnya orang lain yang harus dibuat mudah menyimpulkan dan menilai sesuatu berdasarkan dari data kita. Jika sudah demikian, kita tidak harus bersusah payah berargumen atau menyakinkan pembaca untuk mengerti data kita.

Dari sisi visualisasi, Purnama dari LIPI memberikan beberapa alternatif dalam penyampaian data statistik antara lain dengan Pivot di Exel, SPSS, Tableau dan lain sebagainya. Sehingga data yang kita sajikan mudah dan enak dilihat secara visual baik dalam bentuk grafik ataupun gambar.

Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan data-data yang sudah dikumpulkan dan dianalisis bisa dijadikan bacaan yang menarik dan mudah dicerna oleh masyarakat luas. Menurut pengalaman SatuDunia, banyak data berharga yang ada di organisasi tidak dapat diakses oleh publik. Kalaupun data NGO dapat diakses oleh publik, maka datanya sulit dimengerti. Untuk menjembatani hal ini SatuDunia membuat training untuk menarasikan data-data tersebut sehingga mudah dipahami dan dimengerti orang awam sekalipun dengan kaidah-kaidah jurnalistik.

Bila organisasi atau lembaga anda berminat menggelar in house training Storytelling with Data, silahkan kontak sdr. Misan melalui email ke misan@satudunia.net atau ponsel/WA 0899 680 7793