SatuDunia Membuka Peluang untuk Relawan Pemantauan Pemilu 2019

baner relawan pemantauan kampanye 2019 v3Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 tentu sangat penting bagi bagi negara dan bangsa Indonesia. Sangat penting pula sebagai mata rantai sejarah demokrasi Indonesia.

Pilpres 2019 tentunya juga akan diramaikan dengan perang iklan kampanye capres. Ada preseden buruk yang SatuDunia catat terjadi pada Pilpres 2014, yakni kedua timses capres sama-sama melanggar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dari segi frekuensi kemunculan iklan per hari di televisi. Perbedaan antara biaya iklan yang dipantau oleh SatuDunia dan biaya iklan yang dilaporkan oleh Timses ke KPU pun perlu dicek transparansinya. Upaya pengecekan atau pemantauan ini perlu dilakukan agar semua peserta Pilpres 2019 tidak lenggang kangkung melakukan pelanggaran terhadap PKPU yang sah.

Kita, misalnya, perlu memantau bukan saja konten dan biaya iklan capres, melainkan juga fasilitas yang mereka terima dari media-media tertentu dalam penayangan iklan kampanyenya. Entah itu berupa diskon atau malah gratis penayangan iklan. Pemberian fasilitas itu tentu nanti dapat dikaitkan dengan isu kepemilikan orang-orang partai politik pada media massa. Dalam kaca mata isu korupsi, seperti dalam pandangan Indonesia Corruption Watch, pemberian fasilitas semacam ini dapat masuk dalam pantauan isu korupsi.

Satudunia membuka kesempatan untuk relawan pemantauan pemilu Presiden 2019. Pemantauan ini akan dimulai pada September 2018  – April 2019. pemantauan media ini dilakukan secara online tanpa adanya tugas lapangan langsung.

Untuk informasi dan lamaran, silahkan hubungi email: misan@satudunia.net

shop