SatuDunia Menerima Hibah Small Grant Initiative dari Rutgers

Setelah proses penyaringan dan wawancara, SatuDunia menerima Hibah dari Rutgers. Hibah ini tentang riset sunat perempuan di Indonesia. Durasi riset ini dilakukan selama 3 bulan. SatuDunia akan melakukan riset secara online dengan melihat sebaran berita tentang sunat perempuan yang terjadi selama tahun 2006 sampai sekarang.

Salah satu inisiatif dalam program Power to Youth adalah Small Grant Initiative. Inisiatif ini bertujuan untuk menjangkau secara luas kelompok remaja perempuan dan perempuan muda baik formal maupun informal. Inisiatif hibah ini dilakukan untuk menangkap isu-isu lain yang terkait dengan program yang akan memperkaya dan memperkuat kerja dan kapasitas Rutgers WPF Indonesia bersama semua mitra yang terlibat, serta mempercepat dampaknya, misalnya isu-isu seputar keyakinan dan agama, sunat perempuan, faktor ekonomi, keterlibatan media, dan studi hukum/peradilan.

SatuDunia memiliki pengalaman riset serupa dengan menggunakan analisis media dengan melihat hubungan para aktor pembawa pesan dan sebaran pesan yang dibawanya. Hubungan itulah yang nantinya menjadi bahan analisis bagaimana keterkaitan antara pesan dan masing-masing aktor yang berperan didalamnya, baik sebagai personal maupun sebagai institusi.

Sebelumnya SatuDunia juga pernah melakukan riset terkait dengan isu lingkungan, isu kesehatan dan isu korupsi. Namun pada isu sunat perempuan ini tidak banyak berita online yang membahas soal ini, sehingga batasan tahun bisa diabaikan.

Output dari penelitian ini adalah riset yang mendalam soal sunat perempuan di Indonesia yang bisa digunakan untuk pertimbangan pengambilan kebijakan dan bahan kampanye. Penelitian ini tidak hanya menjadi laporan untuk Rutgers, tapi juga akan dipublikasikan melalui media online dan press release.

 

 

shop