Welcome to Satudunia.net ! Call us: +62-21-29475653 and send e-mail: info@satudunia.net

SatuDunia menggelar Workshop Discourse Network Analysis (DNA) Untuk NGO

Pada Rabu dan Kamis (22-23/4) SatuDunia menggelar Workshop Discourse Network Analysis. Workshop ini diikuti oleh staff dari ICW, CIPG, LBH Masyarakat, Yayasan Desantara. Discourse network analysis merupakan suatu teknik untuk mem-visualkan wacana baik itu wacana politik, sosial, budaya, dll ke dalam sebuah jaringan.

1378713_10152974891668645_8724690616341905920_n

Workshop ini difasilitasi oleh Purnama Alamsyah yang merupakan peneliti LIPI dan Anwari Natari dari Program Manager SatuDunia. Discourse Network Analysis merupakan kombinasi dari category-based content analysis dan social network analysis. Pendekatan ini memungkinkan kita untuk mengidentifikasi secara sistematis suatu struktur wacana dalam berbagai dokumen tekstual seperti artikel koran/media cetak, transkrip perdebatan di parlemen, dsb.

Pentingnya suatu topik, posisi dan argumen dalam sebuah perdebatan dapat diidentifikasi melalui aktor sentral dalam sebuah wacana. Selanjutnya discourse network analysis memungkinkan kita menemukan koalisi wacana berdasarkan kesamaan pernyataan, argumen dan posisi kebijakan.

Diharapkan dalam workshop ini NGO bisa lebih memaksimalkan wacana di media menjadi salah satu alat untuk kampanye dan advokasi. Dengan wacana yang ada sekarang ini, kita bisa menggali lebih jauh bacaan kita mengenai suatu isu dan pihak-pihak mana saja yang turut terlibat dalam isu tersebut.

 

shop