Welcome to Satudunia.net ! Call us: +62-21-29475653 and send e-mail: info@satudunia.net

Workshop Storytelling untuk Aktivis

Sebagian besar pekerja di dunia masyarakat sipil, atau biasa juga disebut aktivis, acap dipandang kaku dalam berkomunikasi. Baik dari segi gaya dan body language maupun alur penyampaiannya. Saat menyampaikan pendapat-pendapatnya, tak jarang juga jargon-jargon berhamburan.

Kebiasaan ini mungkin tak menjadi masalah jika berbicara di depan kalangan terbatas yang memang sudah terbiasa dengan jargon-jargon khusus. Namun, ketika harus berbicara di depan khalayak yang lebih umum, kebiasaan ini dapat menjadi masalah karena tidak semua orang paham istilah-istilah khusus tersebut. Seorang aktivis yang sudah berusaha menggunakan kata-kata yang lebih membumi pun masih belum lepas dari masalah jika kaku dalam penyampaiannya.

Padahal, demi mendapatkan dukungan dari khalayak, misalnya untuk kampanye atau kegiatan advokasi kita, empati pendengar perlu didapatkan lebih dulu; dan itu tak bisa diperoleh hanya dengan mengumbar opini dan pilihan kata bahasa langit. Selain itu, sikap atau gaya tutur juga perlu dilatih agar pembicara dan pendengar tak berjarak. Sebab, kadang kala, tujuan utama bicara bukanlah otak pendengar, melainkan hati pendengar.

Dewasa ini, storytelling diyakini sebagai metode ampuh untuk mengimbangi kebiasaan kaku berbicara. Storytelling bermanfaat bagi orang-orang yang bekerja di bidang apa pun, terutama bidang yang berhubungan langsung dengan manusia. Bagi dunia aktivisme, storytelling samasekali bukan barang baru. Malah terus berkembang karena kebermanfaatannnya yang makin dirasakan bagi percepatan gerakan aktivisme.

Terkait itu, SatuDunia menggelar Workshop Storytelling untuk Aktivis. Setelah mengikuti workshop sehari ini, peserta ditargetkan memiliki pengetahuan tambahan tentang tips, trik, dan pilihan untuk berbicara dengan lebih luwes di depan banyak orang. Pengetahuan ini kemudian mesti dibangun menjadi keterampilan oleh peserta. Apa pun isu yang diusung lembaga masing-masing.

Waktu dan Tempat

Selasa, 24 Mei 2016 Pkl.10.00 a�� 16.00 WIB
Ruang Belajar SatuDunia, Jl. Tebet Raya II C No.29, Tebet, Jakarta Selatan 12820.

Pemateri

Mochamad Ariyo Faridh Zidni (Kak Aio)

Kisi-kisi Materi

  1. Tentang storytelling
  2. Storytelling untuk kehidupan sehari-hari.
  3. Kaitan storytelling dengan aktivisme.

Komposisi Workshop

15% teori, 85% praktik

Tanda Partispasi

Rp250.000 per orang
(untuk makan siang, snack time, kopi materi, dan sertifikat)

Konfirmasi dan pendaftaran

Konfirmasi dapat menghubungi Sdr. Misan di 021-83705520 atau email : misan@satudunia.demoapps.web.id. Bisa juga dengan mengklik tautan di bawah ini:

https://docs.google.com/forms/d/1G4vEem-8wSfHzPTI_hnfr3sIh0hJ68A2cCSPgZFhg-0/viewform?c=0&w=1&usp=mail_form_link

 

shop